STRATEGI PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP LANSIA MELALUI KERAJINAN TANGAN (Studi Kasus Bapak Serajin di Desa Banding Agung Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan)

Andini, Putri and Zainal R, Agus and Parlan, Parlan (2019) STRATEGI PEMENUHAN KEBUTUHAN HIDUP LANSIA MELALUI KERAJINAN TANGAN (Studi Kasus Bapak Serajin di Desa Banding Agung Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
1 SKRIPSI PUTIKA ANDINI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanStrategi Pemenuhan Kebutuhan Hidup Lansia Melalui Kerajinan Tangan (Studi Kasus Bapak Serajin di Desa Banding Agung Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan) dengan permasalahan penelitian yang meliputiStrategi Aktif,Strategi Pasifdan Strategi Jaringan yang dilakukan Bapak Serajin untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui kerajinan tangan. Pelaksanaan penelitian dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji validitas data peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa : (1) Strategi Aktif yang dilakukan Bapak Serajin untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui kerajinan tangan yaitu dengan menambah waktu bekerja jika biasanya 5 jam tapi kalau ada pesanan sampai 10 jam. Bapak Serajin juga memanfaatkan tanaman liar untuk pembuatan Bubu atau tempat menangkap ikan yaitu tanaman Bambu, (2) Strategi Pasif yang dilakukan Bapak Serajin untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui kerajinan tangan yaitu dengan makan 2 kali sehari dan jika tidak memiliki uang Bapak Serajin mendapatkan pangan dengan diberi Sayur oleh cucunya, Bapak Serajin tidak pernah membeli pakaian hanya dapat dari pemberian orang, jika sedang sakit dan tidak memiliki uang Bapak Serajin memanfaatkan tanaman obat-obatan disekitar rumahnya seperti sirih, mengkudu, jarak dan kunyit, (3) Strategi Jaringan yang dilakukan Bapak Serajin untuk memenuhi kebutuhan hidup melalui kerajinan tangan yaitu dengan memanfaatkan program pemerintah seperti mendapatkan bantuan beras miskin (raskin) setiap bulannya. Kunci :Strategi Kebutuhan Hidup, Lansia, Kerajinan Tangan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:39
Last Modified: 13 Jul 2023 01:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12863

Actions (login required)

View Item View Item