PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) DI KOTA BENGKULU DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU

Anjelina, Reona and Ramawangsa, Panji Anom and Abdul, Hamid Hakim (2022) PERANCANGAN SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (SMALB) DI KOTA BENGKULU DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi TA Reona Anjelina (G1E017001).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Disabilitas merupakan seseorang yang mengalami gangguan, keterbatasan fisik dan pembatasan aktifitas dalam deinteraksi dengan lingkungannya. Disabilitas juga sering dikenal dengan istilah difabel. Penyandang disabilitas terbagi kedalam beberapa jenis berdasarkan keterbatasan yang dimiliki seperti tuna netra (gangguan pengelihatan), tuna rungu (gangguan pendengaran), tuna grahita (keterbatasan intelektual), dan tuna daksa (keterbatasan organ tubuh). Oleh karena keterbatasan yang dimiliki, penyandang disabilitas memerlukan perlakuan khusus dalam menjalani beberapa aspek kehidupan seperti aspek pendidikan. Penyandang disabilitas membutuhkan fasilitas yang dirancang khusus agar dapat mengenyam pendidikan dengan nyaman. Saat ini, fasilitas pendidikan bagi penyandang disabilitas masih sedikit khususnya di Kota Bengkulu. Hal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya angka partisipasi sekolah penyandang disabilitas. Perancangan Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) di Kota Bengkulu, menjadi salah satu solusi yang dapat meningkatkan partisipasi sekolah penyandang disabilitas. Pendekatan Arsitektur Perilaku dalam perancangan ini, akan menghasilkan bangunan SMALB yang aman dan nyaman bagi penyandang disabilitas. Desain ini akan memperhatikan penggunaan material, warna, tekstur, ukuran dan perabot yang digunakan pada bangunan. Serta kemudahan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas di dalam dan luar bangunan. Sehingga dengan perancangan ini diharapkan penyandang disabilitas dapat memperoleh pendidikan dan mengembangkan keterampilan yang dimiliki secara maksimal. Kata Kunci : Arsitektur Perilaku, Disabilitas, SMALB

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:10
Last Modified: 01 Aug 2023 04:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12867

Actions (login required)

View Item View Item