UPAYA PENGUSAHA KUE RUMAHAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus Usaha Kue Ibu Mihasti di Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan)

Febriani, Tya and Abdullah, M Ilham and Ririn, Gusti (2019) UPAYA PENGUSAHA KUE RUMAHAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi Kasus Usaha Kue Ibu Mihasti di Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
TIYA FEBRIANI PDF SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuanmendeskripsikan upaya pengusaha kue rumahan dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Dengan permasalahan yang meliputi cara perolehan keterampilan, upaya yang dilakukan , wujud keberhasilan, Analisis keuangan usaha dalam meningkatkan pendapatan keluarga.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan 3 orang subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji validasi data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Cara perolehan keterampilan pengusaha dalam mengelola usaha kue yaitu belajar dari pengalaman bekerja dengan orang lain dan belajar secara otodidak didalam mengembangkan usaha.(2) Upaya yang dilakukan pengusaha kue dalam meningkatkan pendapatan keluarga yaitu dengan promosi, menjaga cita rasa kue, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dan mencapai target bulanan.(3)Wujud keberhasilan yang didapatkan pengusaha kue dalam meningkatkan pendapatan keluarga yaitu pengusaha telah berhasil meningkatkan skala usaha dan berhasil memenuhi segala kebutuhan keluarga. (4) Analisis keuangan usaha yang digunakan dalam menjalankan usaha pembuatan kue yaitu analisis keuangan sederhana melalui buku catatan yang dilakukan setiap pemesanan atau pembelian kue dan dihitung dari segi modal dan keuntungan. Kata kunci :Upaya, Pengusaha kue, Pendapatan keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:44
Last Modified: 13 Jul 2023 02:44
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12887

Actions (login required)

View Item View Item