KECAKAPAN HIDUP SUMINAH DALAM MEMANFAATKAN LIMBAH PELEPAH PISANG SEBAGAI BAHAN DASAR KERAJINAN (di Desa Harapan Makmur Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah)

Septiani, Wahyu and Wadin, Wahiruddin and Sofino, Sofino (2019) KECAKAPAN HIDUP SUMINAH DALAM MEMANFAATKAN LIMBAH PELEPAH PISANG SEBAGAI BAHAN DASAR KERAJINAN (di Desa Harapan Makmur Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi wahyu 1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan secara umum penelitian ini adalah untuk mengetahui Kecakapan Hidup Suminah dalam memanfaatkan limbah pelepah pisang sebagai bahan dasar kerajinan di Desa Harapan Makmur Kecamatan Pondok Kubang Kabupaten Bengkulu Tengah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditarik kesimpulan bahwa 1) Kecakapan pribadi Suminah dalam memanfaatkan limbah pelepah pisang sebagai bahan dasar kerajinan berawal dari komunikasi yang baik dengan memberikan lapangan pekerjaan kepada warga sekitar, dimulai dari diri sendiri dengan adanya lomba berbahan lokal dan melalui musyawarah. 2) Kecakapan Sosial Suminah dalam memanfaatkan limbah pelepah pisang sebagai bahan dasar kerajinan diawali dengan komunikasi dengan orang lain lewat media online, secara terus-menerus dan secara langsung, dan menjalin kerja sama dengan pihak manapun mulai dari dinas instansi, swasta, BUMN, dan masyarakat biasa. 3) Kecakapan Akademik Suminah dalam memanfaatkan limbah pelepah pisang sebagai bahan dasar kerajinan sudah ada bagian masing-masing meliputi bagian bahan, bagian desaian, dan bagian jahit, dimulai dari merancang desain pola dasar kemudian dikembangkan. 4) Kecakapan Vokasional Suminah dalam memanfaatkan limbah pelepah pisang sebagai bahan dasar kerajinan masing-masing ada bagiannya, dalam memanajemen dirinya dilakukan sendiri tetapi selalu konsisten pada produksi, pembelajaran dimulai dari nol, Suminah tetap menjadi wirausaha dan sebagai narasumber, untuk negoisasi dilakukan sering kontak dengan teman dinas. Kata Kunci : Kecakapan Hidup, Limbah, Kerajinan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:47
Last Modified: 13 Jul 2023 02:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item View Item