ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN-GROWTH PADA MINIMARKET 212 BENGKULU

Hamdan, Imam and Nugroho, Sigit and Winalia, Agwil (2022) ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN-GROWTH PADA MINIMARKET 212 BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Imam Hamdan (F1F017001).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum mengenai pembelian barang oleh konsumen Minimarket 212 dan mengetahui pola belanja konsumen dengan menggunakan algoritma frequent pattern-growth (FP-growth) dari metode association rule. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data transaksi penjualan Minimarket 212 Bengkulu pada bulan Januari-Februari tahun 2021 yang bersumber dari general manager Minimarket 212. Hasil penelitian yang diperoleh adalah produk ISI ULANG HANUN 19L merupakan produk dengan jumlah transaksi tertinggi, sedangkan konsumen dan omzet dari Minimarket 212 paling banyak didapatkan pada minggu pertama tiap bulannya, serta didapat empat rules atau empat pola belanja konsumen dari Minimarket 212. Salah satu rule yang memiliki lift ratio tertinggi ialah produk LADAKU MERICA BUBUK 4GR, DESAKU BUBUK KUNYIT 10GRXSCHT, dan DESAKU BUBUK KETUMBAR 6.5GR X 6SCHT. Kata Kunci:, Aturan Asosiasi, FP-growth, Minimarket 212, Penambangan Data

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:12
Last Modified: 01 Aug 2023 04:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12893

Actions (login required)

View Item View Item