PEMODELAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PROVINSI BENGKULU MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI DATA PANEL (Studi Kasus : IPM Provinsi Bengkulu Tahun 2013-2019)

EFRIANDA, WINA and Rini, Dyah Setyo and Herlin, Fransiska (2021) PEMODELAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA PROVINSI BENGKULU MENGGUNAKAN ANALISIS REGRESI DATA PANEL (Studi Kasus : IPM Provinsi Bengkulu Tahun 2013-2019). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_Wina Efrianda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan salah satu cara untuk mengukur ketercapaian perkembangan pembangunan manusia di suatu daerah. Data IPM merupakan gabungan dari data time series dan cross section yang disebut dengan data panel. Regresi data panel merupakan suatu metode yang digunakan untuk memodelkan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dalam beberapa sektor yang diamati dari suatu objek penelitian selama periode waktu tertentu. Tujuan dari Penelitian ini adalah mengetahui model IPM di Provinsi Bengkulu menggunakan analisis regresi data panel. Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap IPM di Provinsi Bengkulu. Metode estimasi model regresi data panel yaitu Common Effect Model (CEM), Fixed Effect Model (FEM), dan Random Effect Model (REM). Data pada penelitian ini diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) berupa data tahunan dari 2013-2019 di Provinsi Bengkulu. Data tersebut merupakan gabungan dari data time series dan cross-section sehingga termasuk dalam kategori analisis data panel dimana model yang terbaik adalah FEM dengan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:11
Last Modified: 01 Aug 2023 04:11
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12901

Actions (login required)

View Item View Item