PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI TATA UPACARA PENGGALANG PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN GUGUS DEPAN 02.005- 02.006 KOTA BENGKULU

Setiari, Ayu and Lukman, Lukman and Bambang, Parmadie (2019) PENANAMAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI TATA UPACARA PENGGALANG PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN GUGUS DEPAN 02.005- 02.006 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Lengkap Ayu Setiari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Tata Upacara Penggalang di Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kamabigus (Kepala Sekolah) Gugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu dan anggota Gerakan PramukaGugus Depan 02.005-02.006 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta dengan ụji kredibilitas data. Data yang diperoleh dianalisis melalui redaksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu upacara yang dilakukan adalah upacara pembukaan dan upacara penutupan latihan Penggalang. Upacara tersebut dilakukan untuk memulai dan menutup kegiatan latihan anggota Gerakan Pramuka dan sebagai latihan untuk membentuk karakter disiplin anggota Gerakan Pramuka. Aspek yang menjadi indikator disiplin adalah selalu bersikap siap saat mendengar panggilan penggalang, bertanggung jawab dengan tugas bagiannya saat mengikuti upacara, berpakaian rapi dan memakai seragam Pramuka lengkap (SPL) dan mematuhi peraturan dan tata tertib upacara Penggalang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penanaman karaker disiplin yang dilakukan oleh Pembina adalah dengan cara: (1) Pembina memberikan contoh sikap baik, tertib, siap ,bahkan mencontohkan cara berpakaian yang benar kepada anggota Gerakan Pramuka. Sehingga anggota Gerakan Pramuka dapat mengamati dan meniru. (2) Memberikan informasi verbal berupa nasehat maupun informasi yang berkaitan dengan respon yang baik. Pembina menanamkan karakter yang baik pada saat upacara Penggalang berlangsung. (3) Pembina memberikan penguatan berupa ganjaran atau penghargaan dan semua anggota Gerakan Pramuka memberikan respon yang baik saat Pembina menanamkan karakter menggunakan tiga cara tersebut. Kata Kunci : Tata Upacara Penggalang, Pendidikan, Kepramukaan, Penanaman Karakter,dan Disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:28
Last Modified: 13 Jul 2023 03:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12906

Actions (login required)

View Item View Item