STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN ALAT MUSIK PIANIKA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SISWA KELAS V SDN 35 KOTA BENGKULU

Manurung, Ingrith Carolina and Hasnawati, Hasnawati and Pebrian, Tarmizi (2019) STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN ALAT MUSIK PIANIKA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN (SBK) SISWA KELAS V SDN 35 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Ingrith Carolina Manurung (A1G014081).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan alat musik pianika terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 35 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan metode penelitiannya adalah deskriptif. Instrumen penelitiannya menggunakan lembar observasi yang dilakukan didalam kelas dengan menggambarkan hasil pengamatan. Selain obeservasi terdapat pula wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A SDN 35 Kota Bengkulu. Penyajian data menggunakan teknik analisis data yang meliputi : data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil peneltian ini didapat bahwa penerapan alat musik pianika sangat baik dalam pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Dari 30 orang siswa didapat 12 orang yang mendapat nilai hasil belajar yang baik. Dimana 12 orang siswa tersebut memahami dalam teknik bermain pianika. Cara bermain pianika diantaranya Cara Memegang; Cara Meniup; Penjarian; dan Wilayah Nada/ Solmisasi. Selanjutnya penelitian ini melihat cara bermain pianika siswa sesuai dengan teknik yang diajarkan, sehingga didapatlah hasil dari 30 orang yang menjadi objek penelitian ini terjaring 12 orang siswa dengan nilai berada pada rentang 12 – 16. Siswa yang mencapai batas nilai inilah dapat dikatakan berhasil dengan jumlah 12 orang dan siswa yang mendapat nilai dibawah standar tersebut masih belum berhasil dengan jumlah 18 orang. Kata kunci : alat musik pianika, hasil belajar, Seni Budaya dan Keterampilan (SBK).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:30
Last Modified: 13 Jul 2023 03:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12908

Actions (login required)

View Item View Item