TUGAS GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KELAS V SEKOLAH ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU)

Yunitasari, Deta and Juarsa, Osa and Pebrian, Tarmizi (2019) TUGAS GURU SEBAGAI PENDIDIK DALAM MENGEMBANGKAN DISIPLIN SISWA PADA PROSES PEMBELAJARAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF KELAS V SEKOLAH ALAM MAHIRA KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tugas guru sebagai pendidik dalam mengembangkan disiplin siswa pada proses pembelajaran pada siswa kelas V Sekolah Alam Mahira Kota Bengkulu. Fokus penelitian ini adalah guru bertugas sebagi pendidik dengan tiga indikator yaitu guru merencanakan pembelajaran, guru melaksanakan pembelajaran, guru menilai hasil pembelajaran dalam mengembangkan disiplin siswa pada proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalh deskriptif kualitatif, subjek penelitian adalah Guru Kelas VA Sekolah Alam Mahira Kota Bengkulu. Instrument penelitian adalah human instrument dengan menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, dengan uji kredibilitas data melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan guru merencanakan pembelajaran dengan cara menyusun silabus dan RPP mengacu ke jurnis RPP, guru melaksanakan pembelajaran melalui tahapan pendahuluan, inti dan penutup, guru menilai hasil pembelajaran melalui penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Adapun saran penelitian ini sebaiknya guru mempertahankan perencanaan pembelajaran, guru sebaiknya meningkatkan lagi pelaksanaan pembelajaran, kemudian guru diharapkan selalu melakukan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kata kunci: Tugas Guru, Disiplin, Kelas

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:37
Last Modified: 13 Jul 2023 03:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12909

Actions (login required)

View Item View Item