TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEPEDULIAN MASYARAKAT SEKITAR TENTANG TAMAN WISATA ALAM BUKIT KABA (STUDI KASUS DI DESA SUMBER URIP KEC. SELUPU REJANG KAB.REJANG LEBONG)

Priyanto, Desep (2017) TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEPEDULIAN MASYARAKAT SEKITAR TENTANG TAMAN WISATA ALAM BUKIT KABA (STUDI KASUS DI DESA SUMBER URIP KEC. SELUPU REJANG KAB.REJANG LEBONG). Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Tesis)
draf SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 19 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

TINGKAT PENGETAHUAN DAN KEPEDULIAN MASYARAKAT SEKITAR TENTANG TAMAN WISATA ALAM BUKIT KABA (STUDI KASUS DI DESA SUMBER URIP KEC. SELUPU REJANG KAB. REJANG LEBONG) (Desep Priyanto, dibawah bimbinganSiswahyono,S.Hut., MPdan Dr. Ir. Syafrin Tiaif, M. Sc2016). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2015 di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.Tujuan dilakukan penelitian ini Mengetahui tingkat kepedulian masyarakat di Desa Sumber Urip disekitar Kawasan Taman Wisata Alam Bukit Kaba terhadap pelestariannya. Pada penelitian ini jumlah Kepala Keluarga yang berada didesa Sumber Urib mencapai 670 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari pekerjaan yaitu 600 Tani, 20 PNS, 30 Pedagang, Perangkat Desa 18, TNI 1, dan Polisi 1 . Dari setiap pekerjan diambil sampel sebesar 10%. Yaitu Tani 10% menjadi 60, PNS 10% menjadi 2, Pedaganng 10% menjadi 3, Perangkat Desa 10% menjadi 2, TNI dan Polisi 1 responden, jadi hasil rata-rata responden yang diambil menjadi 69 responden atau Kepala Keluarga (KK). Hasil penelitian menunjukkan kondisi Tingkat kepedulian masyarakat terhadap keberadaan dan keutuhan TWA Bukit Kaba tergolong tinggi, dengan skor paling tinggi 91.88% Hal ini terlihat dengan adanya kecenderungan masyarakat untuk melestarikan keberadaan dan keutuhan kawasan TWA dengan mendukung kegiatan-kegiatan yang mengarah pada kelestarian. Tingkat pengetahuan masyarakat tentang keberadaan TWA Bukit Kaba di Desa Sumber Urip yang menjadi sampel penelitian masih terbatas, dimana masyarakat hanya mengetahui keberadaan TWA disekitar tempat tingggal mereka, sedangkan sebagianmasyarakat tidak mengetahui apa itu fungsi dari TWA.yaitu hanya 7 respon yang menyatakan tahu dan 62 respon tidak mengatahui apa itu fungsi TWA. Dengan skor 55%. (Program Studi Kehutanan, Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:36
Last Modified: 19 Oct 2017 03:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item