PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XIV KOTA BENGKULU

Mardalina, Eka and Hambali, Daimun and Bambang, Parmadie (2019) PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS XIV KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI EKA MARDALINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Picture and picture pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V gugus XVI Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu dan kelas VD SDN 42 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Jumlah sampel 53 siswa terdiri dari kelas VD SDN 42 Kota Bengkulu berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB SDN 45 Kota Bengkulu berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest, untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia thitung (2,23) > ttabel (1,67), dan pada mata pelajaran IPA thitung (3,60) > ttabel (1,67). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model picture and picture dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model picture and picture,sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas V Sekolah Dasar Negeri Gugus XIV Kota Bengkulu. Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Model Picture and Picture, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:54
Last Modified: 13 Jul 2023 03:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item