PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU

Wulandari, Elin and Lusa, Herman and Feri, Noperman (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MENGGUNAKAN MEDIA MANIPULATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ELIN WULANDARI (A1G015028).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan media manipulatif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian Quasi Eksperimental dan desain penelitian The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kota Bengkulu yang menggunakan Kurikulum 2013 dan memiliki akreditasi A. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Hasil pengundian diperoleh sampel yaitu Kelas V SDN 99 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan Kelas V SDN 38 Kota Bengkulu yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar kognitif berbentuk soal pilihan ganda yang diberikan melalui pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung 2.85 dan ttabel 2.00. Secara statistik terlihat thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam hasil Posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan media manipulatif terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Kata kunci: Model Student Teams Achievement Division (STAD), Media manipulatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:56
Last Modified: 13 Jul 2023 03:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12917

Actions (login required)

View Item View Item