TINGKAT KETERSEDIAAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH DI DESA TALANG LIAK I KECAMATAN BINGIN KUNING KABUPATEN LEBONG

Peni, Lestari and Putri, Suci Asriani and Sriyoto, Sriyoto (2022) TINGKAT KETERSEDIAAN PANGAN RUMAH TANGGA PETANI PADI SAWAH DI DESA TALANG LIAK I KECAMATAN BINGIN KUNING KABUPATEN LEBONG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI PENI LESTARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Usahatani padi senantiasa dikembangkan karena selain sebagai sumber pendapatan bagi petani, padi juga merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk masyarakat di Kabupaten Lebong. Ketersediaan pangan pokok di tingkat rumah tangga petani ditentukan oleh usahatani padi sawah. Ketersediaan pangan pokok akan berdampak pada tinggi rendahnya produksi padi. Tinggi rendahnya produksi padi akan berpengaruh pada ketersediaan pangan pokok dan pendapatan petani. Tujuan penelitian ini untuk menghitung dan menganalisis besar pendapatan usahatani padi Tujuan penelitian ini untuk menghitung dan menganalisis besar pendapatan usahatani padi sawah di Desa Talang Liak I Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong, untuk menganalisis tingkat ketersediaan pangan rumah tangga petani padi sawah di Desa Talang Liak I Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong, untuk enganalisis hubungan tingkat produksi usahatani padi sawah dengan tingkat ketersediaan pangan rumah tangga petani padi sawah di Desa Talang Liak I Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober – November 2020. Lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendapatan usahatani padi sawah di Desa Talang Liak I Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong dihitung dalam satu kali musim tanam dengan rata-rata pendapatan sebesar Rp 19.683.301 Ha/MT. Rata-rata tingkat ketersediaan pangan pokok (beras) rumah tangga petani padi sawah di Desa Talang Liak I Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong sebesar 9.212 kkal/kapita/hari (Tinggi). Tingkat produksi usahatani padi sawah tidak berhubungan dengan tingkat ketersediaan pangan rumah tangga petani padi sawah. Kata kunci : Usahatani Padi Sawah, Pendapatan, Ketersediaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agronomy
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:02
Last Modified: 13 Jul 2023 04:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12918

Actions (login required)

View Item View Item