HUBUNGAN ATRIBUT BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PEMPEK PELANGI (Studi Kasus Pempek Sulthan Pindang Agan Di Kota Palembang)

Saripi, Mutiara and Putri, Suci Asriani and Satria, Putra Utama (2022) HUBUNGAN ATRIBUT BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PEMPEK PELANGI (Studi Kasus Pempek Sulthan Pindang Agan Di Kota Palembang). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
Skripsi Saripi Mutiara (E1D015164).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan dunia bisnis yang semakin pesat dan terus mengalami perubahan mengakibatkan persaingan yang semakin ketat, para pengusaha melakukan berbagai cara untuk mempertahankan dan mengembangkan keunggulan kompetitif dengan pesaingnya. Salah satunya yaitu Pempek Sulthan Pindang Agan merupakan salah satu usaha pempek yang sangat populer di Palembang yang mempunyai keistimewaan pempek dengan cita rasa dan bentuk yang hampir sama dengan pempek pada umumnya, namun menjadi berbeda dengan adanya penambahan bahan pewarna alami yang disebut dengan Pempek Pelangi. Varian Pempek Pelangi ini dibuat dari sari buah naga, wortel, dan caisim, sehingga menghasilkan warna merah, kuning, dan hijau. Dengan adanya inovasi ini munculah diversifikasi pempek yang awal mulanya hanya campuran tepung terigu dan ikan, kini dengan munculnya Pempek Pelangi diharapkan akan menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Namun sebelum membeli, konsumen terlebih dahulu mempertimbangkan beberapa faktor yang mempengaruhi produk itu sendiri. Konsumen dalam melakukan keputusan pembelian memiliki beberapa pertimbangan. Salah satunya yaitu yang tertanam dalam atribut-atribut bauran pemasaran yang disebut dengan 4P (produk, harga, promosi dan lokasi). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian konsumen mengenai atribut bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian yang melekat pada Pempek Pelangi, serta untuk mengetahui hubungan atribut bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Pempek Pelangi. Lokasi penelitian berada di Pempek Sulthan Pindang Agan di Kota Palembang. Diukur dengan menggunakan Skala Likert dan dianalisis menggunakan Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian variabel produk, harga, promosi, tempat, dan keputusan pembelian termasuk ke dalam kategori baik oleh konsumen, serta mengenai hubungan atribut bauran pemasaran 4P terhadap keputusan pembelian Pempek Pelangi memiliki hubungan yang sangat signifikan dengan keeratan hubungan yang cukup kuat dan kuat serta memiliki arah hubungan yang positif. Artinya semakin baik setiap variabel atribut bauran pemasaran Pempek Pelangi maka akan semakin meningkat pula keputusan pembelian. Kata Kunci:Hubungan Atribut Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Pempek

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:06
Last Modified: 13 Jul 2023 04:06
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12923

Actions (login required)

View Item View Item