UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL SIKLUS BELAJAR TIPE ABDUKTIF EMPIRIS BERBANTU ANIMASI PADA KONSEP GLBB DI KELAS X.5 SMA N 03 BENGKULU TENGAH

Habibie, Riza and Medriati, Rosane (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL SIKLUS BELAJAR TIPE ABDUKTIF EMPIRIS BERBANTU ANIMASI PADA KONSEP GLBB DI KELAS X.5 SMA N 03 BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MODEL SIKLUS BELAJAR TIPE ABDUKTIF EMPIRIS BERBANTU ANIMASI PADA KONSEP GLBB DI KELAS X.5 SMA N 03 BE - Copy.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 19 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Riza Habibie. 2016. Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan pembelajaran model siklus belajar tipe abduktif empiris berbantu animasi pada konsep GLBB dikelas x.5 sma n 03 Bengkulu Tengah. Skripsi. Bengkulu: Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Bengkulu, November 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mendesripsikan peningkatan 1) aktivitas belajar fisika siswa dengan model siklus belajar tipe abduktif empiris berbantu animasi. 2) hasil belajar fisika siswa dengan model siklus belajar tipe abduktif empiris berbantu animasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor (66,66) dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor (83,33) dengan kriteria cukup, dan siklus III memperoleh skor (93,33) dengan kriteria baik. 2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari aspek kognitif. Nilai aspek kognitif siswa pada siklus I memperoleh daya serap (60 %), dan ketuntasan belajar (65,33%). Pada siklus II memperoleh daya serap (86,67%), dan ketuntasan belajar (74,4%). Pada siklus III memperoleh daya serap (90%), dan ketuntasan belajar (76,87%). Kesimpulan yang diperoleh bahwa model siklus belajar tipe abduktif empiris berbantu animasi pada GLBB dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Siklus Belajar Abduktif Empiris, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:05
Last Modified: 19 Oct 2017 04:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12930

Actions (login required)

View Item View Item