PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM TANAH SUBSOIL ULTISOL, LIMBAH INDUSTRI TEH, DAN SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT BAMBANG LANANG (Madhuca aspera H.J.LAM)

Solin, Mei Rahmah (2017) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM TANAH SUBSOIL ULTISOL, LIMBAH INDUSTRI TEH, DAN SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT BAMBANG LANANG (Madhuca aspera H.J.LAM). Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Tesis)
solin.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 19 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM TANAH SUBSOIL ULTISOL, LIMBAH INDUSTRI TEH, DAN SEKAM PADI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT BAMBANG LANANG (Madhuca aspera H.J.LAM)(Mei Rahmah Solin, dibawah bimbingan Ir. Deselina, M.P dan Ir. Edi Suharto, M.P) Bambang Lanang (Madhuca aspera H.J.Lam) yang termasuk dalam famili Sapotaceae merupakan salah satu jenis andalan Kabupaten Lahat. Bambang Lanang adalah salah satu jenis tanaman yang bernilai ekologis, ekonomis, dan sosial yang berpotensi tinggi untuk dikembangkan pada lahan marjinal, hutan tanaman industri dan hutan rakyat. Bambang Lanang yang dikenal juga dengan nama kayu Medang Bambang tersebar di Lematang Ulu Sumatera Selatan pada ketinggian 150 mdpl. Saat ini tegakan dapat dijumpai pada beberapa wilayah di Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam. Tindakan kultur teknis yang umum pada penanaman kayu Bambang Lanang adalah pemupukan.Pemupukan yang baik memerlukan ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan limbah industri teh dan sekam padi sebagai media tanam terhadap pertumbuhan bibit bambang lanang dan mengetahui komposit media tumbuh antara campuran tanah dengan limbah teh dan sekam padi yang baik untuk pertumbuhan bibit bambang lanang. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2016, bertempat di Kebun Percobaan Medan Baru, Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Kegiatan penimbangan berat berangkasan tanaman dilakukan di Laboratorium Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, dan kegiatan analisa tanah/media dilakukan di Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) menggunakan 3 pengelompokan berdasarkan tinggi bibit. Dengan perlakuan M0 : Tanah 100%, M1 : Tanah 75% + Limbah Industri Teh 25%, M2 : Tanah 50% + Limbah Industri Teh 50%, M3 : Tanah 25% + Limbah Industri Teh 75%, M4 : Tanah 80% + Sekam Padi 20%, M5 : Tanah 70% + Sekam Padi 30%, dan M6 : Tanah 60% + Sekam Padi 40%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komposisi media tumbuh antara campuran tanah subsoil ultisol dengan limbah teh yang baik untuk pertumbuhan tinggi bibit Bambang Lanang adalah M3 (pencampuran tanah subsoil ultisol 25% dan limbah industri teh 75%) perlakuan ini berpengaruh nyata terhadap peubah pertambahan tinggi bibit.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:27
Last Modified: 19 Oct 2017 04:27
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

View Item View Item