PENGARUH PEMBERIAN PUPUK DAUN GANDASIL D DAN ARANG SERBUK GERGAJI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KAYU BAMBANG LANANG (Madhuca aspera H.J. Lam) PADA MEDIA SUBSOIL ULTISOL

Apriyanti, Yeni (2017) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK DAUN GANDASIL D DAN ARANG SERBUK GERGAJI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KAYU BAMBANG LANANG (Madhuca aspera H.J. Lam) PADA MEDIA SUBSOIL ULTISOL. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Tesis)
yeni.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 19 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK DAUN GANDASIL D DAN ARANG SERBUK GERGAJI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT TANAMAN KAYU BAMBANG LANANG (Madhuca aspera H.J. Lam) PADA MEDIA SUBSOIL ULTISOL (Yeni Apriyanti, dibawah bimbingan Ir. Deselina, M.P dan Ir. Edi Suharto, M.P. 2016) Bambang Lanang (Madhuca aspera H.J. Lam) merupakan salah satu jenis kayu andalan lokal di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Jenis ini termasuk dalam famili Sapotaceae banyak digunakan sebagai bahan bangunan karena kayunya, kuat, lurus, awet (Riyanto, 1999). Bambang lanang merupakan salah satu jenis tanaman yang bernilai ekologi, ekonomis dan sosial yang tinggi untuk dikembangkan pada lahan marjin. Kayu bambang lanang tidak memerlukan tindakan khusus dalam pembudidayaan. Tindakan kultur teknis yang umum digunakan adalah pemupukan. Pemupukan dilakukan untuk menambah unsur hara bagi tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk gandasil D dan arang serbuk gergaji terhadap pertumbuhan bibit serta untuk mengetahui interaksi dari pemberian pupuk gandasil dan arang serbuk gergaji terhadap pertumbuhan bibit bambang lanang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2016 bertempat di kebun perobaan Medan Baru, Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Kegiatan penimbangan berat berangkasan tanaman dilakukan di Laboratorium Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, dan kegiatan analisa tanah/media dilakukan di Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universetas Bengkulu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) yang disusun secara faktorial dengan dua faktor. Faktor pertama terdiri dari 4 taraf yaitu : 0 ppm, 1000 ppm , 2000 ppm, 3000 ppm. Faktor kedua terdiri dari 4 taraf yaitu : 0 gram, 50 gram, 100 gram, 150 gram/1000 gram tanah subsoil ultisol. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pemberian arang serbuk gergaji 100 gram/1000 gram tanah subsoil ultisol memberikan pertumbuhan bibit bambang lanang terbaik dan berpengaruh nyata pada tinggi tanaman. Pemberian pupuk gandasil D pada dosis 3000 ppm memberikan pertumbuhan bibit bambang lanang terbaik dan berpengaruh nyata pada pertambahan tinggi bibit bambang lanang dan interaksi pemberian gandasil D pada dosis 3000 ppm dan arang serbuk gergaji 100 gram pada media subsoil ultisol memberikan pertumbuhan terbaik bibit bambang lanang pada tinggi tanaman. ( Program studi Kehutanan, Jurusan kehutanan Fakultas Pertanian Universistas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:35
Last Modified: 19 Oct 2017 04:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item View Item