PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN GUGUS 1 KAUR UTARA

Yulianti, Liza and Gunawan, Ansyori and Sri, Ken Kustianti (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MANIPULATIF BLOK PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN GUGUS 1 KAUR UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LIZA YULIANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media manipulatif blok pecahan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SDN Gugus 1 Kaur Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu SDN Gugus 1 Kaur Utara yang menggunakan kurikulum KTSP. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN 80 dan 28 Kaur Utara. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Cluster Random Sampling. Setelah dilakukan pengacakan didapat SDN 28 sebagai kelas eksperimen dan SDN 80 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang diberikan pada penelitian ini berupa tes hasil belajar kognitif berupa tes uraian yang diberikan melalui pretest dan postest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen yaitu 62.00 dan pada kelas kontrol yaitu 48,38. Hasil uji-t posttest pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan bahwa thitung sebesar 3,25 lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2.03, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh media manipulatif blok pecahan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III di SD Negeri 28 dan SD Negeri 80 Kota Bengkulu. Kata kunci : Media Manipulatif, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:46
Last Modified: 13 Jul 2023 04:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12945

Actions (login required)

View Item View Item