Andrian, Medo and Dadi, Sri and Nani, Yuliantini (2019) STUDI DESKRIPTIF KETERAMPILAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Text
SKRIPSI MEDO.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 03 Kota Bengkulu, subjek penelitian adalah guru kelas IV SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Instrumen dalam penelitian ini adalah human instrumen, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tipe observation non participant dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan empat kegiatan dalam membuka pelajaran, yaitu : menarik perhatian siswa, menimbulkan motivasi, memberi acuan melalui berbagai usaha, dan memberikan apersepsi. Guru juga melakukan tiga kegiatan dalam menutup pelajaran, yaitu : merangkum atau membuat garis-garis besar persoalan yang baru dibahas, mengonsolidasikan perhatian siswa terhadap hal-hal yang pokok, dan mengorganisasikan kegiatan yang telah dilakukan untuk membentuk pemahaman baru dan memberikan tindak lanjut. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru kelas IV SD Negeri 03 Kota Bengkulu menerapkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran dalam pembelajaran IPS. Kata Kunci : Keterampilan, membuka dan menutup pelajaran, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:47 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:28 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12946 |
Actions (login required)
View Item |