HUBUNGAN PARAMETER ENTOMOLOGI DAN MAYA INDEX DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI KELURAHAN KANDANG LIMUN KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Andini, Meilia and Triana, Desi and Lala, ForestaValentine Gunasari (2021) HUBUNGAN PARAMETER ENTOMOLOGI DAN MAYA INDEX DENGAN KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI KELURAHAN KANDANG LIMUN KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MEILIA ANDINI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar Belakang: Demam berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue (DENV 1, 2, 3 dan 4). Indonesia dilaporkan sebagai negara ke-2 dengan kasus DBD terbesar di antara 30 negara Asia wilayah endemis DBD. Strategi pencegahan dan pengendalian DBD dapat dilakukan dengan pengendalian vektor terintegrasi baik dalam stadium larva maupun stadium dewasa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan parameter entomologi dan Maya Index dengan kejadian DBD di Kelurahan Kandang Limun. Metode: Jenis penelitian ini bersifat analitik observasional dengan studi cross sectional. Sampel penelitian yaitu 100 rumah dengan teknik pengambilan proportionate stratified sampling pada 3 RW di Kelurahan Kandang Limun. Survei telur, dan larva Aedes sp. serta pemasangan ovitrap dilakukan pada 100 rumah. Pada data hasil penelitian dilakukan analisis univariat dan korelasi untuk mengetahui hubungan kejadian DBD dengan parameter entomologi dan Maya Index. Hasil: Hasil penelitian menunjukan nilai parameter entomologi House Index (HI), 44%, Container Index (CI) 23% dengan nilai DF 6, dan Bretau Index (BI) 120% dengan nilai DF 8 artinya kepadatan larva Aedes sp. berada pada tingkat kepadatan tinggi dan nilai Ovitrap Index (OI) 55% berada pada level 4 artinya lebih dari setengah wilayah survei dipenuhi nyamuk Aedes sp. Nilai Maya Index (MI) 6% rumah termasuk kategori rendah, 71% rumah kategori sedang dan 9% rumah kategori tinggi. Terdapat hubungan yang signifikan antara kejadian DBD dengan parameter entomologi (HI, CI, BI, OI) dan Maya Index di Kelurahan Kandang Limun dengan nilai signifikasi (p-value = < 0,05) dan kekuatan korelasi yang sangat kuat (r = 1,000) dengan uji korelasi gamma. Kesimpulan: Menjaga kebersihan lingkungan dan meminimalisir tempat perindukan nyamuk Aedes sp.dapat mengurangi potensi kejadian DBD. Kata kunci: Aedes sp, kepadatan nyamuk, Maya Index, kejadian DBD.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty Of Medicine > Department Of Medical Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:15
Last Modified: 01 Aug 2023 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item View Item