PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 36 KOTA BENGKULU

Sufilcha, Melisa and Juarsa, Osa and Sri, Ken Kustianti (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF MODEL VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SDN 36 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MELISA fix.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi pembelajaran afektif model value clarification technique (VCT)terhadap sikap percaya diri siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 36 Kota Bengkulu, untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran afektif model VCT dalam meningkatkan sikap percaya diri siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 36 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah campuran(mix method). Subjek dalam penelitian ini ada dua kelompok, yaitu siswa kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan, yaitu pedoman observasi sikap percaya diri siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan analisis data di lapangan dan analisis inferensial yaitu uji-t. Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji-t didapatkan nilai thitung sebesar2,23 dan nilai ttabel sebesar 2,05. Jadi thitung 2,23> ttabel 2,05 pada taraf signifikan 5%, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran afektif model value clarification technique (VCT) terhadap sikap percaya diri siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 36 Kota Bengkulu. Tahapan pembelajaran dengan model VCT terdiri atas inti. Kegiatan Inti meliputiguru menyajikan cerita dilematis (konban tabrak sepeda motor), siswa memilih nilai yang dianggap baik dari cerita tersebut, siswa menyampaikan nilai yang di pilihnya, siswa mengemukakan argumen terhadap apa yang dia pilih, guru mengklarifikasi tentang pilihan siswa tersebut sesuai dengan lekal moral yang berlaku, siswa mendapatkan kejelasan nilai dalam dirinya dari nilai yang dia punya, dan siswa konsekuen terhadap kejelasan nilai yang sudah di pilihnya dan siswa melakukan prilaku sesuai dengan nilai yang sudah dipilihnya.Pelaksanaan pembelajaran dengan model VCT sebagian besar sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Kata kunci: Model Value Clarification Technique, Tematik, Sikap Percaya Diri Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:50
Last Modified: 13 Jul 2023 04:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12950

Actions (login required)

View Item View Item