HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP KUALITAS HIDUP TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS KAMPUNG BALI PASCA MENINGKATNYA ANGKA KEJADIAN CORONAVIRUS VARIAN OMICRON DI PROVINSI BENGKULU TAHUN 2022

Surahman, Rahmaniar and Bangun, Lucy M. and Riry, Ambarsarie (2022) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP KUALITAS HIDUP TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS KAMPUNG BALI PASCA MENINGKATNYA ANGKA KEJADIAN CORONAVIRUS VARIAN OMICRON DI PROVINSI BENGKULU TAHUN 2022. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Rahmaniar Surahman (H1A018041)OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pandemi COVID-19 telah memengaruhi hampir seluruh aspek dari kehidupan manusia. Dibidang kesehatan, COVID-19 tidak hanya berpengaruh pada kesehatan fisik melainkan juga kesehatan mental. Salah satu masalah kesehatan mental yang sering terjadi pada tenaga kesehatan adalah kecemasan. Meningkatnya rasa cemas dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari dari tenaga kesehatan, sehingga ada kemungkinan akan mengubah kualitas hidup tenaga kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan tingkat kecemasan terhadap kualitas hidup tenaga kesehatan Puskesmas Kampung Bali Kota Bengkulu. Metode: Penelitian ini menggunakan studi analitik observasional dengan desain penelitian cross-sectional. Sampel penelitian adalah 25 tenaga kesehatan Puskesmas Kampung Bali Kota Bengkulu pada bulan Februari 2022 yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Penilaian tingkat kecemasan menggunakan instrumen Hamilton Anxiety Rating Scale, sedangkan kualitas hidup sebagai variabel tergantung menggunakan instrumen Kualitas Hidup. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan terhadap kualitas hidup tenaga kesehatan dengan nilai signifikansi 0,000 dan koefisian korelasi -0,766. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan dan kualitas hidup tenaga kesehatan Puskesmas Kampung Bali pasca meningkatnya angka kejadian Coronavirus varian Omicron di Provinsi Bengkulu. Kata Kunci: Tenaga Kesehatan, tingkat kecemasan, kualitas hidup, pandemi COVID-19, Omicron.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty Of Medicine
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:15
Last Modified: 01 Aug 2023 04:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12951

Actions (login required)

View Item View Item