PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KOTA BENGKULU

Fitri, Melsa and Resnani, Resnani and Dwi, Anggraini (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI MELSA FITRI A1G015082.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan jenis desain the matching only posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar Negeri kelas V se-Kota Bengkulu. Sedangkan yang menjadi sampelnya adalah kelas V Sekolah Dasar Negeri 41 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan Sekolah Dasar Negeri 51 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol yang menggunakan Kurikulum KTSP dan memiliki akreditasi A. Teknik penggunaan sampel menggunakan stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes dalam bentuk soal uraian singkat yang diberikan melalui posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat dan uji inferensial yaitu dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil posttest pada kelas kontrol adalah 75,41 dan nilai rata�rata hasil posttest pada kelas eksperimen adalah sebesar 83,18. Selanjutnya, hasil uji-t menunjukkan bahwa sebesar 3,48 lebih besar daripada nilai 2,02 pada taraf signifikan 5%. Sehingga diterima dan ditolak. Dengan demikian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Kota Bengkulu. Kata Kunci : Picture and Picture, Kemampuan Menulis, Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:36
Last Modified: 13 Jul 2023 06:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12954

Actions (login required)

View Item View Item