UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN NILAI RASA HORMAT SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI SD NEGERI 36 KOTA BENGKULU

Putri, Nadya Nurfaddilah Eka and Lusa, Herman and Bambang, Parmadie (2019) UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN NILAI RASA HORMAT SISWA MELALUI PEMBELAJARAN TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA DI SD NEGERI 36 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NADYA NURFADDILAH E P (A1G015012).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam menanamkan nilai rasa hormat melalui pembelajaran tema Lingkungan Sahabat Kita pada siswa kelas V SD Negeri 36 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan, yaitu deskripsi kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa yang berkaitan dengan pembelajaran tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V SD Negeri 36 Kota Bengkulu. Sumber data penelitian ini yaitu, pengamatan langsung terhadap pembelajaran tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V yang dilakukan subjek penelitian yaitu guru dan data tambahan yang berasal dari sumber tertulis seperti dokumentasi, buku-buku, RPP dan silabus. Teknik pengumpulan data pada penelitian, yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan sebagai berikut (i) menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu dari hasil pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi, (ii) mereduksi data (proses analisis data), (iii) penyajian data (iv) melakukan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, upaya guru dalam rencana pelaksanaan pembelajaran sudah adanya usaha dari guru untuk memasukkan nilai rasa hormat dalam tujuan pembelajaran. Pada pelaksanaan pembelajaran Tema Lingkungan Sahabat Kita guru telah mengupayakan dan menunjukkan penanaman nilai rasa hormat. dapat disimpulkan bahwa sudah tampak adanya upaya dari penanaman nilai rasa hormat siswa melalui pembelajaran Tema Lingkungan Sahabat Kita di kelas V SD Negeri 36 Kota Bengkulu. Kata kunci : Upaya Guru, Penanaman Nilai, Nilai Rasa Hormat, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:45
Last Modified: 13 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12957

Actions (login required)

View Item View Item