STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL DISCOVERY LEARNING ( DL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS V SD GUGUS V KOTA BENGKULU

Nela, Reza Meta and Dalifa, Dalifa and Lukman, Lukman (2019) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MODEL DISCOVERY LEARNING ( DL) DAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS V SD GUGUS V KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI REZA META NELA A1G015085.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan hasil belajar pada pembelajaran tematik model Discovery Learning dan Problem Based Learning (PBL) siswa kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu. Jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental dengan jenis desain penelitian Pretest-Posttest Comparison Grup. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SD Gugus V Kota Bengkulu. Sampel penelitian kelas VB di SDN 02 untuk kelas eksperimen 1 dan siswa kelas VA di SDN 09 untuk kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposive sampling. Instrumen penelitian digunakan berupa tes hasil belajar kongnitif soal pilihan ganda (multiple choices) diberikan melalui pretest dan posttest. Hasil belajar sikap dan keterampilan instrumen digunakan lembar observasi dianalisis menggunakan analisis deskripstif sederhana menghitung persenase setiap deskriptor. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) hasil belajar aspek sikap tertinggi menggunakan model Discovery Learning sikap rasa ingin tauh dan sikap tertinggi menggunakan model Problem Based Learning sikap rasa ingin tauh. (2) ) hasil belajar aspek keterampilan tertinggi menggunakan model Discovery Learning keterampilan butir B dan sikap tertinggi menggunkana model Problem Based Learning keterampilan butir C. (3) H0 diterima sehingga tidak terdapat perbedaan singnifikan antara siswa menggunakan model discovery learning dan model problem based learning. Kata Kunci : Tematik, Discovery Learning, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:51
Last Modified: 13 Jul 2023 06:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item