PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD PADA GUGUS XVII KOTA BENGKULU

Hutauruk, Ribka Putri Kristina and Hambali, Daimun and Bambang, Parmadie (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD PADA GUGUS XVII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RIBKA HUTAURUK .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing pada pembelajaran Tematik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD pada gugus XVII Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B SDN 04 Kota Bengkulu dan IV B SDN 11 Kota Bengkulu dengan jumlah siswa sebanyak 56 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan penentuan sampel berdasarkan tujuan tertentu yang dicapai peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (Multiple Choices) yang diberikan melalui pretest dan posttest. Untuk mengukur hasil belajar sikap dan keterampilan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh sebesar 7,61 dengan pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01 di mana lebih besar dari . Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 85,35, mata pelajaran IPS sebesar 86,15 dan mata pelajaran PPKN sebesar 84,54. Dari data tersebut tampak terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen dan kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik yang menggunakan model role playing Kata Kunci: Tematik, Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:53
Last Modified: 13 Jul 2023 06:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12963

Actions (login required)

View Item View Item