PERAN GURU DALAM MEMBINA PERILAKU TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN PKN (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas VA di SD Negeri 06 Kota Bengkulu)

Arbiyanti, Risqi Septria and Djuwita, Puspa and Osa, Juarsa (2019) PERAN GURU DALAM MEMBINA PERILAKU TOLERANSI MELALUI PEMBELAJARAN PKN (Penelitian Deskriptif Kualitatif pada Siswa Kelas VA di SD Negeri 06 Kota Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI Risqi Septria Arbiyanti pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang cara guru dalam membina perilaku toleransi siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA SD Negeri 06 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas VA. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dengan uji kredibilitas data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian (display) data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam membina perilaku toleransi siswa melalui pembelajaran PKn kelas VA meliputi: (1) Guru sebagai pembimbing, pembinaan perilaku toleransi yang ditunjukkan dengan menunjukkan sikap berprasangka baik terhadap semua siswa pada kegiatan pembelajaran, mendengarkan tanggapan/pertanyaan/pendapat siswa tanpa menyalahkan siswa serta menciptakan suasana/iklim kelas yang harmonis/toleran. (2) Guru sebagai motivator, sudah terlihat ada pembinaan perilaku toleransi. Guru memberikan pemahaman bahwa semua orang berhak mendapatkan perlakuan baik. Guru menunjukkan hal-hal positif tentang organisasi seperti menghargai dan menghormati perbedaan pendapat. Guru juga menerapkan pertukaran teman sebangku setiap sebulan sekali. (3) Guru sebagai pemberi contoh atau teladan, sudah terlihat memberikan contoh atau teladan positif untuk siswa, misalnya memberi contoh untuk saling menghormati siswa yang berbeda agama. Dapat disimpulkan bahwa sudah tampak pembinaan perilaku toleransi melalui pembelajaran PKn di kelas VA SD Negeri 06 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Perilaku Toleransi, PKn.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:56
Last Modified: 13 Jul 2023 06:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12965

Actions (login required)

View Item View Item