PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Retno Jayanti, Dwi (2017) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BILANGAN KELAS VII SMP NEGERI 8 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI dwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 19 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa antara model pembelajaran ARIAS lebih baik dari pembelajaran Ekspositori pada materi bilangan kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Quasy experiment ( Eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling random sederhana sehingga diperoleh kelas VII sebagai kelas Kontrol dan kelas VII 7 sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII 5 6 sebagai kelas uji coba. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan instrument pre test (untuk menentukan sampel) dan instrumen post test (tes hasil belajar). Instrumen penelitian telah di validasi dengan uji Ahli. Instrumen post test di uji cobakan di kelas uji coba, kemudian dilakukan analisis dengan Uji Validasi, Uji Reliabilitas, Uji Taraf Kesukaran dan Uji Daya Beda Soal untuk memilih soal yang dianggap baik untuk dijadikn soal post test. Hasil post test menunjukkan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 31 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika adalah 80,82 dan varians adalah 118,90. Sedangkan kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang, memperoleh rata-rata hasil belajar matematika adalah 69,40 dan varians adalah 112,36. Uji prasyarat analisis dengan menggunakan Uji-t untuk sampel independen, diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa model pembelajaran ARIAS lebih baik dari pembelajaran Ekspositori pada materi bilangan kelas VII SMP Negeri 8 kota Bengkulu tahun pelajaran 2016/2017. Kata Kunci : Hasil belajar matematika, Model Pembelajaran ARIAS, Pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 19 Oct 2017 08:03
Last Modified: 19 Oct 2017 08:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item View Item