PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN GUGUS II BENGKULU UTARA

Herjanah, Septia and Dadi, Sri and Syahril, Yusuf (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SDN GUGUS II BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments Diintegrasikan Dengan Media Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SDN Gugus II Bengkulu Utara. Jenis yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Postest Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN Gugus II Bengkulu Utara. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah SDN yang berakreditasi B dan kurikulum KTSP. Kelas V di SDN 090 dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V di SDN 099 dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil uji-t dapatkan thitung (4,132) > ttabel (1,666). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments Diintegrasikan Dengan Media Puzzle terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN Gugus II Bengkulu Utara. Kata kunci: Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments, Media Puzzle, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:01
Last Modified: 13 Jul 2023 07:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item View Item