PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU (TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1)

Lestari, Tiara and Lusa, Herman and Feri, Noperman (2019) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING DAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI KOTA BENGKULU (TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Text
TIARA LESTARI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing dengan Media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posstest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah kelas V B SDN 19 Kota Bengkulu dan kelas V A SDN 09 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Jumlah sampel 60 siswa yang terdiri dari kelas V B SDN 19 Kota Bengkulu berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V A SDN 09 Kota Bengkulu berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar kognitif berbentuk soal Essay yang yang berjumlah 10 butir soal yang diberikan melalui Pretest dan Posttes.Hasil uji t gain skor didapatkan harga sebesar 2,18 lebih besar dari harga sebesar 2,00 artinya terdapat pengaruh signifikan penggunaan model Inkuiri Terbimbing dengan media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh bahwa: terdapat pengaruh penggunaan model Inkuiri Terbimbing dengan media Crossword Puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas V Kota Bengkuku pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 1. Kata kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Crossword Puzzle, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:21
Last Modified: 13 Jul 2023 07:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12976

Actions (login required)

View Item View Item