PENGARUH PENERAPAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PT. JAMSOSTEK (PERSERO) KANTOR CABANG BENGKULU)

Zuhri, Ahmad and Lipneldi, Lipneldi and Suratman, Suratman (2013) PENGARUH PENERAPAN INOVASI PELAYANAN PUBLIK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI PT. JAMSOSTEK (PERSERO) KANTOR CABANG BENGKULU). Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[img] Text
I,II,III,II-13-ahm-FS-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (536kB)
[img] Text
IV,V,VI,LAMP,II-13-ahm-FS-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (978kB)

Abstract

Inovasi diartikan sebagai pengenalan hal-hal yang baru, baik itu pembaruan, penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya. Sedangkan pelayanan publik didefenisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat, daerah, BUMN, BUMD, dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat sesuai dengan hak hak setiap warga Negara. Kegiatan pelayanan publik selalu berubah dari waktu kewaktu dan kondisi setempat. Untuk itulah diperlukan inovasi dalam pelayanan publik untuk mengembangkan dan memaksimalkan pelayanan publik itu sendiri. Rumusan masalah ini adalah seberapa besar pengaruh penerapan inovasi pelayanan publik terhadap kepuasan konsumen di PT. Jamsostek (Persero) Kantor Cabang Bengkulu. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas serta dapat dijadikan bahan pertimbangan pihak jamsostek kantor cabang Bengkulu dalam pembuatan suatu kebijakan tentang pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey kepada 100 peserta jamsostek dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, angket dan wawancara. Sedangkan pengolahan data menggunakan uji statistic dengan menggunakan rumus korelasi spearmanrank, serta didukung oleh analis akualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan inovasi pelayanan publik memiliki pengaruh terhadap kepuasan konsumen. Ini dibuktikan dengan hasil perhitungan data dimana nilai korelasi XY=0,674 lebih tinggi dari harga kritisρ(n=100) dengan taraf signifikansi 5% yaitu 0,197. Sehingga didapat ρ hitung =0,674>ρ 0.197. Berdasarkan kategori interpretasi terhadap koefisiensi korelasi berada pada tingkat hubungan Kuat. Kemudian untuk mengetahui seberapa besar hubungan kedua variabel tersebut maka dapat dihitung dengan menggunakan rumus koefisien determinasi dan di dapat hasil nya adalah 45,5%. Kepuasan konsumen pada PT.Jamsostek (Persero) kantor cabang Bengkulu dipengaruhi inovasi pelayanan publik sebesar 45,5%. Dan54,5% lagi ditentukan oleh faktor lain. tabel

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 11 Nov 2013 16:50
Last Modified: 11 Nov 2013 22:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item