UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPOSITORI DI KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Ardhiansyah, Nasri (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPOSITORI DI KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
SKRIPSI NASRI ARDHIANSYAH (A1C010007).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 19 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar dapat dijadikan sebagai alat ukur keberhasilan suatu metode pembelajaran. Oleh karena itu untuk memperoleh hasil belajar yang baik perlu menggunakan metode pembelajaran dan sumber belajar yang tepat. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan siswa masih belajar berpusat kepada guru dan kurangnya interaksi terhadap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan metode ekspositori sehingga terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui kuis di akhir pembelajaran dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C SMP Negeri 10 Kota Bengkulu yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode ekpositori dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada penelitian ini dilakukan dengan cara siswa mengerjakan kuis disetiap akhir pembelajaran yang menggunakan metode ini, membuat soal-soal latihan, dan proses pembelajaran lebih menekankan pada hasil belajar. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai ratarata tes siklus pada siklus I hingga siklus III dan: 60,13; 70,21; 76,73; dan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu 39,13%; 65,21%; 82,60% . Kata Kunci: Metode Ekspositori dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 19 Oct 2017 08:36
Last Modified: 19 Oct 2017 08:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12981

Actions (login required)

View Item View Item