PENGARUH MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN PADA GUGUS III KOTA BENGKULU

Alba, Veronica and Yuliantini, Nani and Herman, Lusa (2019) PENGARUH MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN PADA GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI VERONICA ALBA A1G015019.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan menyimak melalui media animasi audio visual siswa kelas V SDN pada Gugus III Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain the matching only posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Pada Gugus III Kota Bengkulu yang menggunakan kurikulum 2016 yaitu SDN 48, SDN 57, dan SDN 27 yang berjumlah 122 siswa. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling, maka sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VA di SDN 17 Kota Bengkulu sebagai kelompok eksperimen dan kelas V di SDN 57 Kota Bengkulu sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar dengan bentuk soal isian singkat yang diberikan melalui posttest setelah pembelajaran berlangsung. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu uji t (t test). Data hasil penelitian yang diolah menggunakan uji t didapatkan nilai thitung sebesar 1,824 dan nilai ttabel sebesar 1,674. Secara sistematis terlihat thitung 1,824 > ttabel 1,674 pada taraf signifikan 5%, dapat disimpulakn terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V SDN pada Gugus III Kota Bengkulu. Kata Kunci : Keterampilan, Menyimak, Media, Animasi, Audio, Visual.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:28
Last Modified: 13 Jul 2023 07:28
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12983

Actions (login required)

View Item View Item