PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK KATA KUNCI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS XIII KOTA BENGKULU

Zahara, Weni and Yuliantini, Nani and Lukman, Lukman (2019) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK KATA KUNCI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS XIII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Weni_Zahara_A1G015037_PGSD_Universitas_Bengkulu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik kata kunci terhadap kemampuan menulis puisi bebas di kelas V SD Negeri Gugus XIII Kota Bengkulu.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimentdengan jenis disain penelitian The Matching Only Posttest Control Design.Teknik pengambilan sampel menggunakan Clauster Random Sampling.Populasi dalam penelitian SD Negeri Gugus XIII Kota Bengkulu yang menggunakan kurikulum 2006. Sampel dalam penelitian ini adalah dua SD Negeri Gugus XIII yaitu kelas V A di SD 87 untuk kelas eksperimen dan kelas V A di SD Negeri 77 untuk kelas control. Jumlah sampel 63 siswa terdiri dari kelas VA SDN 87 Kota Bengkulu berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VA SDN 77 Kota Bengkulu berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar kognitif berbentuk soal uraian yang diberikan melalui posttes.Data hasil yang diolah menggunakan uji-t menunjukkan perbedaan antara nilai thitung dengan ttabel diperoleh nilai thitungsebesar 36, 12 dan nilai ttabel sebesar 2,00. Secara sistematis terlihat yatu nilai thitung36, 12 >ttabel2,00 pada taraf signifikan 5%. Sehingga Ha diterimadan penolakan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis puisi siswadengan penggunaan teknik kata kunci. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Teknik Kata Kunci berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi secara kognitif seperti siswa lebih aktif berkreasi mengembangkan ide dari kata yang diberikan. Kata kunci : Teknik, Teknik kata kunci, Kemampuan menulis Puisi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:36
Last Modified: 13 Jul 2023 07:36
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/12986

Actions (login required)

View Item View Item