Catur Nugroho, Erick and Dedi, Supriyadi and Yuliati, Yuliati (2013) REPRESENTASI KONSEP NATION CHARACTER BUILDING DALAM TAYANGAN IKLAN TELEVISI KOPI KAPAL API VERSI SECANGKIR SEMANGAT UNTUK INDONESIA. Undergraduated thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
Text
I,II,III,II-13-cat-FS.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
|
Text
IV,V,VI,LAMP,II-13-cat-FS.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Nation and Character Building, atau Pembangunan Karakter Bangsa merupakan upaya kolektif-sistemik suatu negara kebangsaan untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang sesuai dengan dasar dan ideologi, konstitusi, haluan negara, serta potensi kolektifnya dalam konteks kehidupan nasional, regional, dan global yang berkeadaban untuk membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, patriotik, dinamis, berbudaya, dan berorientasi iptek berdasarkan Pancasila dan dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan representasi adalah sesuatu yang merujuk pada pesan yang dengannya realitas disampaikan dalam komunikasi; melalui kata-kata, bunyi, citra, atau kombinasinya. Penelitian ini membahas bagaimana Nation and Character Building Bangsa Indonesia direpresentasikan dalam tayangan iklan televisi Kopi Kapal Api Versi “S ec angkir S eman gat Untuk Indonesia”. P endekat an yan g digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan metode semiotika, penelitian ini dispesifikasikan dengan menggunakan teori kode televisi John Fiske, konsep sintagma-paradigma Saussure, dan grammar of film and television. Pada penelitian ini peneliti menemukan konsep Nation and Character Building seperti identitas nasional, nilai-nilai luhur Pancasila, dan martabat bangsa dalam iklan kopi kapal api versi secangkir semangat untuk Indonesia ini direpresntasikan dengan menampilkan cirri khas yang dimiliki oleh bangsa Indonesia serta identitas nasional yang terlihat dari gambaran akan kondisi geografis, aktifitas tokoh, pakaian dan properti yang terdapat pada iklan ini, dan disempurnakan dengan pengaplikasian beberapa teknik pengambilan gambar serta alunan music dan narasi dengan kalimat yang menarik. Meski iklan ini merupakan iklan korporat yang dibuat sebagai rangkaian dari program CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT. Santos Jaya Abadi namun iklan ini juga merupakan iklan yang digunakan untuk membangun citra positif produk dan perusahaan yang berimbas pula pada ketertarikan seperti penggunaan produk dan loyalitas konsumen terhadap produk seperti ikut mensukseskan program CSR perusahaan tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication |
Depositing User: | 012 Adek Adek |
Date Deposited: | 11 Nov 2013 16:11 |
Last Modified: | 27 Mar 2014 10:28 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/1299 |
Actions (login required)
View Item |