PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI MEDIA GAMBAR VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD GUGUS XIII KOTA BENGKULU

Wulandari, Windi and Dadianto, Mirzan and Hasnawati, Hasnawati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI MEDIA GAMBAR VISUAL PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD GUGUS XIII KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
skripsi Windi Wulandari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning melalui media gambar visual pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus XIII Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SD gugus XIII Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah SD yang memiliki akreditasi B dan kurikulum KTSP. Kelas V di SDN 83 dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas V di SDN 105 dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh hasil uji-t thitung 1,85> ttabel 1,673, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh discovery learning melalui media gambar visual pada pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas V SD gugus XIII Kota Bengkulu. Kata kunci : Discovery Learning, Gambar Visual, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:02
Last Modified: 13 Jul 2023 08:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13000

Actions (login required)

View Item View Item