PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU

Adhitya, Alif (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (thesis)
skripsi pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only until 20 October 2017.
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (42MB)

Abstract

Muchlis, M.Pd . Pembelajaran matematika yang berlangsung di sekolah selama ini dilakukan dengan pembelajaran satu arah dan metode yang digunakan oleh guru adalah metode ekspositoriKemampuan siswa dalam mengungkapkan pendapat sangatlah rendah sehinga pembelajaran menjadi pasif dan kemampuan siswa dalam menjawab serta mengembangkan soal juga belum maksimal. Tuhuan penelitian ini untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modepembelajaran kooperatif tipe think-pair-share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang diamati oleh dua pengemat yaitu siklus I sebesar 13,5 meningkat pada siklus II sebesar 17,5 dan meningkat pada siklus III sebesar 20. peningkatan hasil belajar siswa yaitu rata-rata pada siklus I sebesar 58,45, pada siklus II sebesar 76,04 dan pada siklus III sebesar 78,75 serta siswa yang memenuhi hasil belajar sesuai dengan kriteria yangditentukan dari siklus I, siklus II dan siklus III sebanyak 12;16 dan 21 orang siswa dengan persentase 50%; 67% dan 88%. Kata kunci : hasil belajar matematika, metode think-pair-share. xvi + 83; 14 gbr; 12 tbl; 11 lampiran; pustaka acuan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 021 Nanik Rahmawati
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:39
Last Modified: 20 Oct 2017 02:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13001

Actions (login required)

View Item View Item