IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN VAKSIN COVID-19 DI DESA PELANGKI KECAMATAN MUARADUA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN PROVINSI SUMATERA SELATAN

Putri, Dwi Kamilla and Rahmawati, Reza and Charles, Banon (2022) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN VAKSIN COVID-19 DI DESA PELANGKI KECAMATAN MUARADUA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Dwi Kamilla.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV�2). Untuk memutuskan penyebaran penyakit, menghentikan wabah, dan dalam jangka panjang untuk menghentikan terjadinya penyakit COVID-19 perlu dilakukan vaksinasi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui gambaran masyarakat terhadap penerimaan vaksin COVID-19 dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan vaksin COVID-19 di Desa Pelangki, Kecamatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional. Teknik pengumpulan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisa data terkait faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan vaksin COVID-19 menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 378 responden, diantaranya 220 orang (58,2%) menyatakan bersedia untuk divaksinasi sementara sebanyak 153 orang (40,5%) tidak bersedia melakukan vaksinasi dan sisanya 5 orang (1,3%) masih belum memutuskan kesediaannya untuk melakukan vaksinasi. Hasil uji statistik menggunakan chi square menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan masyarakat terhadap vaksin COVID-19 di Desa Pelangki, Kecamatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan yaitu usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan. Kata kunci: COVID-19, Vaksin COVID-19, Masyarakat, Desa Pelangki.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:20
Last Modified: 01 Aug 2023 04:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13002

Actions (login required)

View Item View Item