PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA M ATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 10 KOTA BENGKULU

Utami, Yuli Budi and Karjiyati, Victoria and Syahril, Yusuf (2019) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA M ATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
PDF SKRIPSI YULI BUDI UTAMI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Gugus 10 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN Gugus 10 yaitu siswa kelas IV di SDN 58 untuk kelas kontrol dan siswa kelas IV di SDN 38 untuk kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes kemampuan berpikir kritis yang berbentuk uraian yang berjumlah 5 soal. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t hasil posttest siswa, dimana thitung = 2,10 dan ttabel = 2,00. Karena thitung > ttabel, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model discovery learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika siswa SDN Gugus 10 Kota Bengkulu. Kata kunci : Pembelajaran Matematika, Model Discovery Learning, Etnomatematika, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:23
Last Modified: 13 Jul 2023 08:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13015

Actions (login required)

View Item View Item