ANALISIS SENSITIVITAS DALAM OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI KOPI MENGGUNAKAN LINEAR PROGRAMMING DENGAN METODE SIMPLEKS (STUDI KASUS: INDUSTRI RUMAHAN KOPI BUBUK KOMOCHA)

ANJANNI, CHYNTIA MEININDA and Rachmawati, Ramya and Siska, Yosmar (2022) ANALISIS SENSITIVITAS DALAM OPTIMALISASI KEUNTUNGAN PRODUKSI KOPI MENGGUNAKAN LINEAR PROGRAMMING DENGAN METODE SIMPLEKS (STUDI KASUS: INDUSTRI RUMAHAN KOPI BUBUK KOMOCHA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
CHYNTIA MEININDA A_F1A018009_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Kopi merupakan komoditas unggulan ekspor Indonesia di bidang pertanian. Provinsi Bengkulu merupakan provinsi penghasil kopi terbesar ketiga di Indonesia yang sebagian besar didominasi oleh jenis kopi Robusta. Salah satu usaha yang bergerak dalam proses produksi kopi yaitu industri rumahan kopi bubuk Komocha. Namun, industri tersebut memiliki kendala keuntungan yang belum optimal. Metode yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah optimalisasi salah satunya adalah linear programming. Terdapat dua metode untuk menyelesaikan persoalan menggunakan linear programming yaitu metode grafik dan simpleks. Namun, penggunaan metode simpleks lebih efektif untuk diterapkan apabila persoalan mengandung lebih dari dua variabel dan diperlukan bantuan software, salah satunya yaitu software POM-QM for Windows. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan keuntungan produksi kopi dan mengetahui hasil analisis sensitivitas menggunakan linear programming dengan metode simpleks. Berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan keuntungan per produksi sebesar Rp2.061.836 dengan memproduksi 101 pcs kopi varian biji pare, 60 pcs varian original premium dan 54 pcs varian original biasa. Hasil analisis sensitivitas dari industri rumahan kopi bubuk Komocha adalah dapat memproduksi kopi dengan batasan penggunaan bahan baku minimal 28 kg dan maksimal 32 kg. Batasan untuk biaya kemasan minimal Rp430.717,9 tanpa batasan maksimal. Kemudian, untuk biaya upah tenaga kerja minimal Rp239.038,5 per orang dan tidak ada batasan maksimal serta untuk jam kerja mesin minimal 34 jam dan biaya operasional minimal Rp2.482.139 tanpa batasan maksimal per produksi. Kata kunci: Analisis Sensitivitas, Metode Simpleks, Linear Programming, Kopi Bubuk Komocha, Software POM-QM for Windows

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:22
Last Modified: 01 Aug 2023 04:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13022

Actions (login required)

View Item View Item