EFISIENSI BIAYA PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN JUST IN TIME (JIT) DALAM OPTIMASI PERSEDIAAN BARANG DAGANG (Studi Kasus: Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Divisi Regional Bengkulu)

SIMBOLON, DESI CHRISTIANI and Rachmawati, Ramya and Siska, Yosmar (2022) EFISIENSI BIAYA PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE ECONOMIC ORDER QUANTITY (EOQ) DAN JUST IN TIME (JIT) DALAM OPTIMASI PERSEDIAAN BARANG DAGANG (Studi Kasus: Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Divisi Regional Bengkulu). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
DESI CHRISTIANISIMBOLON_F1A017047.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Selaku perusahaan yang bertanggung jawab dalam pengendalian pangan, persediaan barang dagang di Perum Bulog Divre Bengkulu digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam mengadakan persediaan barang dagang, tantangan yang dihadapi Perum Bulog Divre Bengkulu adalah penyimpanan jumlah persediaan terlalu besar maupun terlalu kecil. Kondisi tersebut sama-sama memiliki dampak negatif bagi perusahaan. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji metode pengendalian persediaan barang dagang yang lebih efisien bagi perusahaan. Metode yang dibandingkan adalah Economic Order Quantity (EOQ) dan Just in Time (JIT), dengan membandingkan besar total biaya persediaan (TC) setiap metode untuk menentukan metode yang memiliki biaya paling efisien. Dalam penelitian ini untuk menganalisis data digunakan uji kenormalan Lilliefors. Uji normalitas Lilliefors menunjukkan bahwa data yang diteliti berdistribusi normal. Hasil perhitungan produk beras, minyak goreng, gula, daging, telur yang diteliti diperoleh metode EOQ rata-rata menghemat hingga 21% sedangkan metode JIT rata-rata menghemat hingga 48,60%. Sehingga dapat dikatakan berdasarkan total biaya persediaan metode JIT lebih efisien dibandingkan dengan metode EOQ. Kata Kunci: Pengendalian Persediaan, Uji kenormalan Lilliefors, Economic Order Quantity (EOQ), Just In Time (JIT).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:23
Last Modified: 01 Aug 2023 04:23
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13029

Actions (login required)

View Item View Item