KEPUTUSAN DALAM MEMILIH TAMAN KANAK KANAK ISLAM TERPADU DARI PERSPEKTIF ORANGTUA Studi pada orangtua yang menyekolahkan anaknya di TKIT Auladuna Kota Bengkulu

PUJI LESTARI, SAKINAH (2016) KEPUTUSAN DALAM MEMILIH TAMAN KANAK KANAK ISLAM TERPADU DARI PERSPEKTIF ORANGTUA Studi pada orangtua yang menyekolahkan anaknya di TKIT Auladuna Kota Bengkulu. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Tesis)
SAKINAH PUJI LESTARI SKRIPSI APRIL 2016.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menggali lebih dalam keputusan orangtua menyekolahkan anaknya di TKIT Auladuna Kota Bengkulu. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi dan menambah wawasan berkaitan dengan keputusan orangtua dalam memilih TKIT Auladuna sebagai pendidikan prasekolah bagi anaknya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh secara primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah orangtua yang menyekolahkan anaknya di TKIT Auladuna Kota Bengkulu. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik analisa data secara deskriptif kualitatif. Diputuskanya TKIT Auladuna karena dipengaruhi oleh lingkungan di dalam keluarga, keselarasan visi dan misi sekolah dengan harapan orangtua, pertimbangan jarak dan biaya, pertimbangan kualitas yang dimiliki oleh sekolah, kesibukan orangtua di luar rumah, serta kesepakatan di dalam rumah. Hasil belajar yang ditunjukkan anak adalah berupa pembiasaan kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai agama. Seperti halnya anak sudah mulai menjalankan sholat Jumat berjamaah, sudah mulai bersikap mandiri di dalam rumah, sudah mampu menjalankan kewajibannya untuk berpuasa, mempengaruhi orangtua terhadap perilaku baik yang sesuai dengan anjuran agama, dan lain sebagainya. Kata kunci: Keputusan orangtua, TKIT Auladuna, pendidikan prasekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Sociology
Depositing User: 163 Sugiarti Sugiarti
Date Deposited: 20 Oct 2017 03:54
Last Modified: 20 Oct 2017 03:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13035

Actions (login required)

View Item View Item