PENGARUH PEMBERIAN DAUN KATUK (Sauropus androgynus) YANG DIFERMENTASI DENGAN BERBAGAI FERMENTOR TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAGING BROILER

Suryani, Dewi and Fenita, Yosi and Santoso, Urip (2017) PENGARUH PEMBERIAN DAUN KATUK (Sauropus androgynus) YANG DIFERMENTASI DENGAN BERBAGAI FERMENTOR TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAGING BROILER. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Tesis)
SKRIPSI DEWI SURYANI BISMILLAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (575kB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN DAUN KATUK (Sauropus androgynus) YANG DIFERMENTASI DENGAN BERBAGAI FERMENTOR TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK DAGING BROILER (Dewi Suryani, dibawah bimbingan Yosi Fenita dan Urip Santoso dan 25 hal, tahun 2016) Industri broiler dihadapkan pada adanya tuntutan konsumen yang menginginkan rasa daging broiler yang enak, bau daging yang kurang amis serta warna daging yang lebih cerah. Oleh karena itu untuk dapat memenuhi tuntutan konsumen, maka daun katuk dapat digunakan sebagai pakan ayam broiler. Namun daun katuk masih mengandung senyawa antinutrisi dan ketersediaan mineral yang rendah, untuk meningkatkan daya guna daun katuk maka daun katuk dapat difermentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemberian daun katuk (Sauropus anrogynus) yang difermentasi dengan berbagai fermentor sebagai feed suplement terhadap karakteristik organoleptik daging broiller. Hipotesis penelitian ini adalah penggumaan fermentasi daun katuk (Sauropus androgynus) dengan menggunakan Neurospora crassa, EM4 dan ragi tape diduga dapat meningkatkan karakteristik organoleptik pada daging broiler. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Juli 2015 di Commercial Zone and Animal Laboratory (CZAL) Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Pada kelompok percobaan menggunakan seratus dua belas ekor broiler umur 14 hari (periode finisher) dalam 7 kelompok pelakuan. Masing-masing perlakuan terdari dari 4 ulangan, dan masingmasing ulangan terdiri dari 4 ekor broiler. Variabel yang diamati adalah warna daging, bau daging, rasa daging, dan bau karkas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun katuk yang difermentasi dengan menggunakan Neurospora crassa 2,5%, EM4 2,5%, EM4 5%, dan ragi tape 2,5% dapat meningkatkan warna daging, dan dapat menurunkan bau karkas pada perlakuan fermentasi daun katuk menggunakan Neurospora crassa 5%, ragi tape 2,5% dan ragi tape 5%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian ransum fermentasi daun katuk (Sauropus androgynus) menggunakan ragi tape 2,5% mampu meningkatkan sifat karakteristik organoleptik pada daging broiler. (Program Studi Peternakan, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:48
Last Modified: 23 Oct 2017 01:48
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13060

Actions (login required)

View Item View Item