PENGARUH LAMA WAKTU THAWING TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA SEMEN BEKU SAPI BALI PRODUKSI BALAI INSEMINASI BUATAN DAERAH (BIB-D) TALANG KERING BENGKULU

Sinaga, Evita and Suteky, Tatik and Putranto, Heri Dwi (2017) PENGARUH LAMA WAKTU THAWING TERHADAP KUALITAS SPERMATOZOA SEMEN BEKU SAPI BALI PRODUKSI BALAI INSEMINASI BUATAN DAERAH (BIB-D) TALANG KERING BENGKULU. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Tesis)
SKRIPSI EVITA SINAGA E1C012041.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

PENGARUH LAMA WAKTU THAWING TERHADAP KULITAS SPERMATOZOA SEMEN BEKU SAPI BALI PRODUKSI BIB-D TALANG KERING KOTA BENGKULU (Evita Sinaga di bawah bimbingan Tatik Suteky dan Heri Dwi Putranto, 2016) Sapi merupakan salah satu komoditas ternak yang memiliki peluang besar untuk dikembangkan dalam rangka mencapai swasembada daging yang sering direncanakan dalam program pemerintah sehingga berbagai upaya dan penelitian dilakukan untuk meningkatkan populasi ternak sapi. Salah satunya adalah dengan teknologi Inseminasi Buatan (IB). Semen beku merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar dalam keberhasilan IB. Spermatozoa dengan kualitas yang baik akan mendukung keberhasilan IB sehingga produktivitas ternak dapat di tingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang pengaruh lama waktu thawing terhadap kualitas semen beku sapi Bali yang diproduksi di Balai Inseminasi Buatan Daerah (BIB-D) Talang Kering Bengkulu. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2-13 November 2015 bertempat di BIB-D Talang Kering Bengkulu. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan yang dicobakan adalah P1 = Thawing semen beku dengan suhu 37oC waktu 15 detik. P2 = Thawing semen beku dengan suhu 37oC waktu 30 detik. P3 = Thawing semen beku dengan suhu 37oC waktu 40 detik. P4 = Thawing semen beku dengan suhu 37oC waktu 45 detik. Variabel yang di amati dalam penelitian ini adalah motilitas spermatozoa baik motilitas massa dan motilitas individu, persentase hidup spermatozoa dan abnormalitas spermatozoa. Motilitas massa, persentase hidup spermatozoa, dan abnormalitas spermatozoa yang diperoleh dianalisis dengan statistik menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa perlakuan thawing dengan suhu 37oC dan durasi waktu 15 – 45 detik tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap motilitas spermatozoa semen beku sapi Bali, tetapi berpengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap persentase dan abnormalitas spermatozoa semen beku sapi Bali. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlakuan thawing dengan suhu 37oC sampai waktu 30 detik tidak menurunkan kualitas spermatozoa semen beku sapi Bali. (Program studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 23 Oct 2017 01:57
Last Modified: 23 Oct 2017 01:57
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13063

Actions (login required)

View Item View Item