ANALISIS BUDIDAYA DAN KETERSEDIAAN PAKAN LEBAH MADU Apis mellifera YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PERKEBUNAN KARET (Havea brasilliensis) DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Fauzi, Fauzi and Saepudin, Rustama and Sutriyono, Sutriyono (2017) ANALISIS BUDIDAYA DAN KETERSEDIAAN PAKAN LEBAH MADU Apis mellifera YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN PERKEBUNAN KARET (Havea brasilliensis) DI KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, UNIVERSITAS BENGKULU.

[img] Archive (Tesis)
SKRIPSI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Analisis Budidaya dan Ketersediaan Pakan Lebah Madu Apis mellifera yang Diintegrasikan dengan Perkebunan Karet (Havea brasilliensis) Di Kabupaten Bengkulu Tengah (Fauzi, dibawah bimbingan Rustama Saepudin dan Sutriyono, 2016. 33 halaman) Budidaya lebah madu merupakan segala upaya memelihara dan mengatur kehidupan lebah dengan tehnik tertentu yang disesuaikan dengan syarat-syarat lebah, sehingga diperoleh produksi madu dan pendapatan yang maksimal. Budidaya lebah madu bermanfaat menambah pendapatan masyarakat di sekitar perkebunan karet dari hasil produksi lebah madu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan pakan lebah dan produksi madu A. mellifera yang diintegrasikan dengan perkebunan karet (Hevea brasiliensis) di Kabupaten Bengkulu Tengah. Penelitian ini menggunakan 15 stup lebah madu A. Mellifera. Variabel yang diamati meliputi kondisi klimat lokasi penelitian, vegetasi tanaman, produksi nektar, hama dan penyakit serta pengendaliannya dan produksi madu. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan gambar serta dianalisis secara deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa budidaya lebah madu A. mellifera yang diperkebunan karet di Desa Jayakarta, sumber pakan yang tersedia belum cukup untuk memenuhi kebutuhan produksi dan produktivitas lebah madu yang rata-rata produksi nektar di bulan agustus yaitu 4025,77 ml/ha/hari dan 1567,21 ml/ha/hari dan terdapat gangguan hama, penyakit, dan predator yang banyak. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan budidaya lebah madu A. mellifera yang diintegrasikan antara lebah dengan perkebunan karet (Hevae beasiliensis) tidak mampu meningkatkan produksi lebah madu A. mellifera yang dipengaruhi oleh faktor sumber pakan dan lingkungan. (Program Studi Peternakan, Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu).

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Animal Science
Depositing User: 164 Irma Rohayu
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:04
Last Modified: 23 Oct 2017 02:04
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13067

Actions (login required)

View Item View Item