STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA SENI FINGER PAINTING PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS II B SDN 87 KOTA BENGKULU

Meriska, Delia and Hasnawati, Hasnawati and Herman, Lusa (2019) STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA SENI FINGER PAINTING PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS II B SDN 87 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DELIA MERISKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan dan hasil karya finger painting pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) kelas II B SDN 87 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik observasi partisipan. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II B SDN 87 Kota Bengkulu yang berjumlah 27 siswa dan karya finger painting. Pemilihan subyek pada penelitian ini didasarkan pada purposive sampling. Instrumen penelitian adalah human instrument, dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman hasil karya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data proses pembuatan karya dilakukan dengan menelaah data kemudian direduksi, display dan penarikan kesimpulan. Analisis data hasil karya akan dibahas dengan melihat unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa yang ada. Hasil penelitian yaitu (1) Proses pembuatan karya seni finger painting diawali dengan mempersiapkan alat dan bahan seperti kertas karton, bubur pewarna, koran, plastik untuk alas bubur pewarna. Selanjutnya pelaksanaan pembuatan karya. Kemudian yang terakhir finishing. (2) Hasil Karya seni finger painting yang dibuat siswa telah memuat unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa. Unsur yang terdapat yaitu titik, garis, bidang, warna, bentuk, tekstur dan gelap terang. Kemudian, prinsip pada karya seni finger painting telah memenuhi prinsip-prinsip seni rupa yaitu prinsip kesatuan, proporsi, keseimbangan, irama, penekanan dan keselarasan. Kata kunci : Karya Seni Rupa, Finger Painting, Seni Budaya dan Keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:59
Last Modified: 14 Jul 2023 01:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13076

Actions (login required)

View Item View Item