UPAYA GURU DALAM PENANAMAN SIKAP KEMANDIRIAN MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IVA SDN 42 KOTA BENGKULU (STUDI DESKRIPTIF)

Anggraini H, Devi and Yusuf, Syahril and Sri, Ken Kustianti (2019) UPAYA GURU DALAM PENANAMAN SIKAP KEMANDIRIAN MELALUI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IVA SDN 42 KOTA BENGKULU (STUDI DESKRIPTIF). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI DEVI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya guru dalam merencanakan RPP dan pelaksanaan bermuatan penanaman sikap kemandirian siswa pada pembelajaran tematik kelas IVA SDN 42 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN 42 Kota Bengkulu. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data data collection, reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data melalui meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berupaya untuk menanamkan sikap kemandirian siswa melalui perancangan RPP serta pelaksanaan RPP melalui pembelajaran tematik, seperti RPP guru yang merancang kegiatan diskusi kelompok untuk menanamkan sikap kemandirian siswa. Pada pelaksanaan yang bermuatan penanaman sikap kemandirian seperti, mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi, percaya diri , serta bersikap tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam perencanaan RPP yang bermuatan sikap kemandiriaan dimulai dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup serta dalam pelaksanaannya guru melaksanakan sikap yang bermuatan kemandirian melalui pembelajaran tematik di kelas IVA SDN 42 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Pembelajaran tematik, Upaya Guru, Sikap Kemandirian.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:02
Last Modified: 14 Jul 2023 02:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13077

Actions (login required)

View Item View Item