INVESTIGASI KETINGGIAN GELOMBANG LAUT DI PERAIRAN PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU AKIBAT KEJADIAN MADDEN JULIAN OSCILLATION (MJO)

Ramadhan, Muhammad Andre and Lizalidiawati, Lizalidiawati and Elfi, Yuliza (2022) INVESTIGASI KETINGGIAN GELOMBANG LAUT DI PERAIRAN PANTAI PANJANG KOTA BENGKULU AKIBAT KEJADIAN MADDEN JULIAN OSCILLATION (MJO). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_F1C018017_MUHAMMAD ANDRE RAMADHAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Perubahan iklim global yang terjadi merupakan implikasi dari pemanasan global yang mengakibatkan ketidakstabilan atmosfer di lapisan bawah yang dekat dengan permukaan bumi. Pemanasan global yang terjadi memiliki dampak pada kenaikan suhu pada permukaan bumi sehingga mengakibatkan pencairan endapan es yang besar dan memengaruhi terjadinya peningkatan elevasi permukaan air laut. Salah satu fenomena global yang paling berpengaruh adalah fenomena Madden Julian Oscillation (MJO). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi ketinggian gelombang laut di Perairan Pantai Panjang Kota Bengkulu akibat kejadian MJO. Data yang digunakan yaitu data sekunder tahun 2012-2021 yang terdiri dari data harian MJO diperoleh dari BMRC (Bureau of Meteorologi Research Centre) dan data bulanan tinggi gelombang atau SSH diperoleh dari Marine Copernicus And Environment Monitoring Service. Hasil penelitian ini menunjukkan variasi tinggi gelombang di Perairan Pantai Panjang Kota Bengkulu tahun 2012-2021 tertinggi terjadi pada bulan Mei (0,39 m), Juni (0,44 m), November (0,36 m), dan Desember (0,30 m). Besar pengaruh MJO tertinggi bulan Januari (29,8 %), Juni (10 %), Juli (11,2 %), dan September (9,3 %). Sedangkan terendah terjadi pada bulan April (0,14 %), Mei (0,13 %) dan Desember (0,05 %). Kata kunci: MJO, Tinggi gelombang laut, Pantai Panjang

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:31
Last Modified: 01 Aug 2023 04:31
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13080

Actions (login required)

View Item View Item