PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GUGUS 03 KOTA BENGKULU

Suwanda, Febria and Dadi, Sri and Feri, Noperman (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN GUGUS 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
FEBRIA SUWANDA (A1G015073).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Gugus 03 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN Gugus 03 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah SD yang memiliki akreditasi B dan kurikulum KTSP. Kelas V di SDN 57 dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V di SDN 17 dengan jumlah siswa sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan thitung 3,60> ttabel 1,675. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Gugus 03 Kota Bengkulu. Kata kunci : Pembelajaran IPS, Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:22
Last Modified: 14 Jul 2023 02:22
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13089

Actions (login required)

View Item View Item