PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 36 KOTA BENGKULU

Fitriani, Fitriani and Juarsa, Osa and Sri, Ken Kustianti (2019) PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 36 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model cooperative script terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 36 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitataif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan jenis desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 36 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 28 siswa kelas IV A SDN 36 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas IV B SDN 36 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel Total. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes yang berbentuk pilihan ganda. Pengambilan tes sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung pada kelas eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil penelitian diperoleh hasil uji-t thitung 4,25 > ttabel 1,67. Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari nilai ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model cooperative script mempengaruhi prestasi belajar siswa, sehingga dapat diisimpulkan bahwa terdapat pengaruh model cooperative script terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 36 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Model Cooperative Script, Pembelajaran Tematik, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:07
Last Modified: 14 Jul 2023 03:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13102

Actions (login required)

View Item View Item