PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KELAS IV B SDN 38 KOTA BENGKULU

Putra, Meki Nolansyah and Dadi, Sri and Neza, Agusdianita (2019) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DI KELAS IV B SDN 38 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
GABUNGAN WORD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative learning tipe team games tournament (tgt) dalam pembelajaran matematika sebagai upaya meningkatkan hasil belajar dan aktivitas pembelajaran di kelas IV B SDN 38 kota bengkulu. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil rata-rata aktivitas guru siklus I diperoleh 43,5 dan siklus II diperoleh 55,75. Aktivitas siswa siklus I mendapat rata-rata 42,75 dan siklus II diperoleh 53,75. Sedangkan untuk rata-rata hasil belajar siswa untuk aspek pengetahuan siklus I 68,64 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,67% dan siklus II 80,76 dengan ketuntasan belajar klasikal 84,85%. Aspek sikap teliti rata-rata skor siklus I 2,52, siklus II 2,63, sikap percaya diri siklus I 2,76 siklus II 2,79, sikap disiplin siklus I 2,62 siklus II 2,95, dan sikap rasa ingin tahu siklus I 2,68 siklus II 3,09. Aspek keterampilan menggunakan rumus siklus I 2,54 siklus II 2,89, terampil menyelesaikan soal siklus I 2,62 siklus II 2,91, terampil menampilkan siklus I 2,62 siklus II 2,94, terampil dalam penyelenggaraan siklus I 2,69 siklus II 2,87. Dengan demikian, penerapan model Cooerative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) pada materi pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat ke satuan terdekat dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV B SDN 38 Kota Bengkulu. Kata kunci : Model Cooperative Learning, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar, Aktivitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:00
Last Modified: 14 Jul 2023 04:00
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13128

Actions (login required)

View Item View Item